Rata-rata orang di negara industri mengkonsumsi paling tidak sepuluh kali lebih banyak garam

Namun, ada orang-orang yang banyak memakan garam tanpa sedikitpun terganggu oleh hipertensi. Dahl beserta rekan-rekannya menyimpulkan pada  tikus bahwa kecenderungan genetis memainkan peranan yang penting dalam proses ini. Dengan demikian, sejumtih orang yang begitu berbakatnya dalam hal hipertensi sehingga sedikit garam sqia sudah bisa membangkitkan penyakit tersebul. Di sisi lainnya, mereka yang tidak begitu berbakat boleh jadi bisa memakan garam sebanyak mereka suka tanpa khawatir akibat-akibatnya.

Garam_1Tingkat-tingkat hipertensi dari berbagai cara alami penyembuhan penyakit diabetes sub-kebudayaan dalam suatu negara dan dalam berbagai negara berbeda-beda menurut tingkat-tingkat konsumsi garamnya. “Tanpa perkecualian, tiap masyarakat yang tekanan darahnya rendah juga merupakan masyarakat yang konsumsi garamnya rendah,” kata Dr. Lot B. Page dari Universitas Tufts. Di Jepang, di mana orang-orang utara lebih banyak makan garam daripada orang-orang selatan, jumlah penderita hipertensi di utara nampaknya berkaitan dengan garam.

Secara rata-rata, barangkali bangsa Jepang mencatat tingkat konsumsi garam tertinggi di dunia, yakni suatu kenyataan yang turut mempedelas kepekaan mereka yang sangat tinggi terhadap hipertensi dan kelumpuhan. Beberapa dokter .percaya bahwa perbed.aan dalam tingkat konsumsi garam turut memperjelas mengapa secara proporsional lebih banyak orang hitam di A.S dibanding dengan oring putih yang menderita, akan tetapi penelitian-penelitian menu yang diharapkan bisa membuktikan tata hubungan seperti itu belum lagi dilaksanakan. Duapuluh dua persen orang kulit hitam berbanding 15 persen orang kuiit putih telah mendapatkan tekanan darah tinggi yang gawat.

Para peneliti lain menerangkan banyaknya penderita hipertensi di kalangan orang hitam sebagai akibat dari kehidupan dalam pergubukan (ghetto) di kota dan dari ketegangan-ketegangan abnormal yang ada hubungannya dengan diskriminasi sosial dan ekonomis. Banyak orang yang merasa bahwa ketegangan dan konsumsi garam yang tinggi secara jahat berpadu guna merangsang hipertensi. Kesalahan dan ketegangan yang berkaitan dengan pekerjaan, demikian pula mineral-mineral tertentu yang ditemukan dalam air minum, nampaknya bisa menimbulkan tekanan darah yang sangat tinggi. Latar-belakang keluarga nampaknya juga mempengaruhi kepekaan perorangan terhadap hipertensi seorang anak yang orangtuanya mengidap hipertensi lebih mudah terserang oleh penyakit yang sama dibanding dengan seorang anak dari keluarga yang tak pernah terserang tekanan darah tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.