Dalam hal ini yang sangat penting ialah perawatan sedini mungkin

Karena dengan mendesakkan kepala tulang paha kuat-kuat ke dalam mangkuk, maka pertumbuhan mangkuk ini akan terangsang sehingga dapatlah terbentuk mangkuk yang normal. Pada anak kecil, mengembalikan kepala tulang paha ke dalam mangkuk (reposisi) dilakukan dengan menarik tungkai dan memutarnya ke arah dalam. Pada anak-anak yang lebih tua diperlukan tenagatarikan yang lebih kuat.

Usia tertinggi penyakit ini, bila pada satu sisi, yang masihdapat disembuhkan dengan reposisiialah enam sampai tujuh tahun, sedangka nuntuk yang menderita di kedua sisi limasampai enam tahun. Makin tertunda ia mendapat perawatan,makin tidak memuaskan hasilnya karena gejala aus dalam persendian (lihat Artrosis) sudah lebih banyak timbul.

Setelah kepalatulang paha dikembalikan ke dalam mangkuk,IaIu pembalut gips atau bidai pipihdari plastik dipasang, Setelah alat penyembuhini ditanggalkan, maka supaya posisipersendian yang bersangkutan tidak berubah,untuk waktu lama masih diperlukanperawatan dengan bidai, yang memaksaposisi tungkai atas terputar (eksorotasi)dan tertarik ke arah luar (abdusi). Dalamposisi demikian cara kepala tulang pahamenekan ke dalam mangkuknya adalahyang terbaik.Baca pula: Cacat bauaan, Cerai sendi, Pinggul.

CERAI SENDI RAHANG, terlepasnya(luksasi) hubungan sendi antara rahangbawah dan tulang pelipis. Sakit ini terutama dijumpai pada lelaki, biasanya terjadiakibat pukulan pada dagu waktu mulutsedang terbuka, kadang-kadang karenamenguap atau tertawa, dan ada kalanyakarena melahap benda terlalu besar (buah-buahan, bola bilyar).

Kepala sendi rahangbawah terlepas dari mangkuk sendi (sakit ini biasanya terjadi pada kedua sisi), tergeserke depan, dan macet di sana; sehinggamulut tidak dapat ditutup kembali. Pemulihanletaknya ke tempat asal (reposisi) sama sekali tidak boleh dilakukan orang awam dengan kasar, karena ada bahaya terjadi kerusakan pada mangkuk sendi.

Dokter akan menekan geraham denganbeberapa jarinya pada satu sisi rahang bawah, lalu rahang ini didorong ke belakang sambil mendorong dagu dengan kedua ibu jari ke atas. (Dilakukan setelah pasien dibaringkan). Jadi, persendiannya diperbaiki satu persatu.

Kalau reposisi itu terasa sangat nyeri, dokter akan membius sendi dengan suntikan obat bius di sekitarnya. Selama Anda tahu bagaimana cara mengobati diabetes secara alami yang tepat dan efektif,mengalahkan diabetes secara tuntas ukan lagi sebuah khayalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.