Mengungkap Rahasia Ayam Cemani

Mengungkap Rahasia Ayam Cemani – Terlepas dari soal harga. ayam cemani jantan maupun betina mempunyai penampilan yang menarik. Bayangkan warna bulunya hitam mengkilap. kaki hitam dan ramping dengan bulu ekor yang lebat,sehingga biasa dimanfaatkan sebagai ayam hias. Sebetulnya faedah Si Hitam Ayam Cemani tak sekadar sebagai satwa klangenan. Buktinya banyak juga yang memanfaatkannya sebagai pelengkap atau sesaji upacara adat seperti di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Mengungkap Rahasia Ayam Cemani

Masyarakat percaya bahwa ayam hitam mulus ini mempunyai rahasia kekuatan magis sebagai penolak bala. Tradisi nenek moyang itu hingga kini masih banyak dilakukan terutama oleh masyarakat di pedesaan. Keluarga Tionghoa sering mencari ayam cemani untuk istrinya yang sedang hamil agar anak yang kelak lahir sehat dan cerdas.

Mereka beranggapan bahwa daging dan telur ayam cemani memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi dibandingkan dengan ayam jenis lainnya. Oleh karena dianggap memiliki rahasia berupa kandungan gizinya lebih tinggi sehingga dapat meningkatkan kecerdasan dan kesehatan bagi bayi yang dikandungnya.

Belum ada penelitian ilmiah yang mengungkapkan rahasia ayam cemani. Boleh jadi daging ayam cemani memang mengandung rahasia zat-zat tertentu yang tak terdapat pada daging jenis ayam lain. Selain itu juga berhubungan dengan keyakinan seseorang. Tahun 1987 orang Malaysia dan Singapura mencari ayam cemani untuk mengatasi kanker, agar selalu menang judi, atau segera mendapat jodoh.

Di Madura ayam cemani digunakan sebagai sajian dalam pesta laut supaya ketika melaut nelayan mendapat banyak ikan dan selalu selamat. Contoh-conloh di atas menunjukkan betapa banyaknya rahasia kegunaan ayam cemani di beberapa daerah.

Karena ayam cemani amat langka dan memiliki banyak kegunaan, wajar harganya mulai berkisar antara Rp 75.000,00—Rp 500.000,00 per ekor tergantung kualitas. Dari kacamata usaha, populasi langka dan permintaan tinggi menunjukkan bahwa beternak ayam cemani mempunyai prospek cerah. Oleh karena itu, terbuka peluang untuk menangkarkannya.

Maklum penggemamya semakin meningkat sehingga pasarnya tetap terbuka. Jika populasi telah berkembang, ayam cemani memungkinkan untuk diekspor karena merupakan komoditas eksotis. Penampilannya menarik dan mempunyai keistimewaan khusus dibandingkan ayam kampung lainnya.

Melalui artikel ini, saya mencoba berbagi pengalaman rahasia beternak ayam cemani. Penjelasan ini diharapkan dapat merangsang munculnya peternak-peternak baru baik sebagai usaha sambilan maupun sebagaiusaha komersial. Selain itu, dengan beternak ayam cemani berarti membuka lapangan kerja baru sehingga mengurangi jumlah pengangguran.

Selain itu betemak ayam cemani berarti menjaga kekayaan alam Nusantara yang dikenal sebagai negara dengan keragaman hayati terbesar kedua setelah Brasil. Dengan demikian ayam cemani tak sekadar menjadi legenda dan dongeng bagi anak-cucu kita kelak. Generasi penerus masih dapat melihat sosoknya yang unik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *