Radiasi ultra violet dalam sinar matahari juga adalah penyebab penting lainnya dari kanker

bisa disembuhkan sehingga banyak studi statistik mengenai kanker yang mengabaikannya. Namun, ada sejumlah kecil kanker kuiit yang disebut melanoma, yakni suatu tumor yang bertumbuh cepat dan ada kalanya mematikan, bahkan menewaskan lima ribu orang Amerika tiap tahun. Ke 300.000 kasus kanker kulit yang setiap tahun dilaporkan di Amerika Serikat jumlahnya sama dengan semua jenis kanker lainnya disatukan.

Mengetahui manfaat dan bahaya Sinar Matahari

Sinar matahari merangsang kanker kulit, terutama di kalangan orang-orang yang berkulit cerah. Semakin lama atau semakin kuat sinar matahari mengenai mereka, semakin besar pula pengaruhnya. Jadi semakin dekat mereka tinggal di khatulistiwa, semakin tinggi pula tingkat penderita kanker kulit di antara mereka. Sama halnya, mandi sinar matahari meningkatkan dosis obat herbal penyakit diabetes radiasi matahari, dan banyak ahli yang merasa bahwa meningkatnya jumlah penderita melanoma antara lain ialah akibat dari kegemaran yang merata akan kulit yang berwarna kecoklatcoklatan. Oleh karena sinar matahari dan kanker kulit berkaitan, Westernisasi yang berlangsung di Timur Tengah bisa dibayar cukup mahal.

Menurut Dr. N.T. Racoveanu dari Organisasi Kesehatan Sedunia, peralihan dari jubah dan serban tradisional ke cara berpakaian gaya Barat di tengah-tengah wilayah yang senantiasa dicekam oleh teriknya matahari kemungkinan sekali akan melonjakkan jumlah.penderita -kanker kulit. Ketakutan bahwa tingkat-tingkat kank6r kulit akan meningkat di seluruh dunia mendasari kekhawatiran ilmiah akhir-akhir ini mengenai kemungkinan habisnya laprsan zone pada atmosfir, yang antara lain menapis sinar ultra violet yang merangsang kanker kulit (lihat Bab 7). Yang lebih jauh iagi daripada radiasi matahari adalah radiasi yang mengionkan, yakni jenis yang ada dalam reaksi nuklir dan sinar X pada kedokteran.

Berbagai penelitian atas mereka yang lolos dari kematian setelah tertimpa oleh bom atom di Nagasaki dan Hiroshima, atas para penambang dan pekerja labolatorium yang terkena radiasi, dan binatang-binatang percobaan telah memastikan bahwa radiasi yang mengionkan bisa menyebabkan kanker dan perubahan genetis. Dan memang, tatkala ilmu pengetahuan mengenai bahaya-bahaya demikian telah berkembang selama abad ini, standar nasional dan internasional tentang seberapa banyak radiasi “yang boleh” mengenai kita telah berkurang secara ajeg (konsisten) dan drastis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.